Banjir Kembali Rendam Pantura Kota Pasuruan, Jalur Dialihkan

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 21:29 WIB
banjir di pasuruan
Banjir rendam Pantura Pasuruan setinggi 30 cm (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Jalur pantura di Jalan Ir H Juanda Kota Pasuruan kembali terendam banjir. Banjir akibat luapan Sungai Petung karena hujan lebat sejak siang.

Air Sungai Petung meluap merendam Jembatan Buk Wedi dan meluber ke sisi barat dan timur. Ketinggian banjir di jalan 20-30 sentimeter. Akibatnya lalu-lintas jurusan Surabaya-Probolinggo terganggu. Petugas mengalihkan arus.

Kendaraan dari arah timur atau Probolinggo dialihkan ke Jalur Lingkar Selatan (JLS) melalui Pertigaan Blandongan. Sementara dari barat atau Surabaya diarahkan ke dalam kota melewati Jalan Pahlawan kemudian dimasukkan ke JLS.

banjir di pasuruanFoto: Muhajir Arifin

"Nanti kalau malam tambah tinggi kita arahkan ke tol," kata Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota AKP Yudiyono, Minggu (7/3/2021).

Kepala BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi mengatakan, untuk sementara di wilayahnya hanya Sungai Petung yang meluap. Sungai Gembong dan Welang masih aman.

"Tapi saat ini masih hujan terus," terang Samsul.

Sementara di wilayah Kabupaten Pasuruan banjir merendam sejumlah desa. Antara lain Desa Prodo Kecamatan Winongan dengan ketinggian 50-70 sentimeter, Desa Kedawungkulon dan Kedawungwetan Kecamatan Grati dengan ketinggian 40-60 sentimeter serta Desa Penunggul Kematan Nguling dengan ketinggian 30-40 sentimeter.

Banjir di wilayah kabupaten akibat luapan Sungai Rejoso dan Lawean. "Curah hujan tinggi dan lama, sungai luber ke permukiman warga," kata staf Kedaruratan BPBD Kabupaten Subandi.

(iwd/iwd)