Wabup Sugirah Tinjau Warga Terdampak Banjir di Wongsorejo Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 20:29 WIB
wabup sugirah
Wabup Sugirah di lokasi banjir (Foto: Ardian Fanani)

Eka menambahkan akibat dari hantaman arus yang deras hingga menyebabkan banjir setinggi 1 meter, sejumlah rumah mengalami kerusakan hingga roboh. Selain itu, sejumlah perabotan hingga hewan ternak juga hanyut akibat terbawa arus sungai yang sangat deras.

"Bangunan yang roboh diperparah dengan kontruksi yang kurang kokoh," ungkap Eka.

Eka menjelaskan BPBD telah merencanakan perbaikan yang berkaitan dengan rusaknya sejumlah infrastruktur umum akibat banjir, seperti tebing sungai dan jembatan.

"Kita sudah agendakan rehabilitasi untuk masuk pada perencanaan daerah terutama untuk kerusakan yang terjadi pada infrastruktur tebing sungai dan jembatan, kita prioritaskan untuk segera diperbaiki," kata Eka.

Eka menjelaskan jumlah desa rawan banjir di Kabupaten Banyuwangi bertambah, terlebih di daerah Kecamatan Wongsorejo. "Daerah resapan air berkurang di hulunya, ketika curah hujan yang tinggi, air bervolume besar langsung masuk ke saluran tadah hujan," ujarnya.

Dia melanjutkan besarnya volume air juga diperparah akibat adanya sumbatan kotoran dan sampah yang diduga dibuang ke saluran air. Sehingga menyumbat gorong-gorong dan tersangkut di kolong jembatan.

"Tingkat kemiringan tanah sampai ke hulu cukup tinggi, akibatnya air yang mengalir cukup deras, sehingga ada 4 rumah yang mengalami kerusakan akibat tergerus arus deras," pungkas Eka.

Halaman

(iwd/iwd)