Gubernur Minta Pemkab Banyuwangi Siapkan Pra-conditioning Selingkar Ijen

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 13:40 WIB
Gubernur Minta Banyuwangi Siapkan Pra-conditioning Kawasan Prioritas Selingkar Ijen
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pembangunan yang dilakukan Banyuwangi selama 10 tahun. Kepada pemerintahan Banyuwangi yang baru, Khofifah meminta untuk menyiapkan pra-conditioning utamanya di kawasan prioritas Selingkar Ijen.

"Banyuwangi pada dasarnya dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mandat sekarang dari Peraturan Presiden 80 adalah Selingkar Ijen," kata Khofifah, usai menghadiri Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, di Gedung DPRD Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) malam.

Berdasarkan Perpres No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, prioritas percepatan pembangunan kawasan di Jawa Timur, terdapat di Kawasan Gerbang Kertasusila dan sekitarnya, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan, serta Kawasan Selingkar Ijen.

Di Perpres No 80 tersebut setidaknya terdapat 24 proyek strategis di Kawasan Selingkar Ijen. Kawasan Selingkar Ijen sendiri meliputi beberapa kabupaten yakni Banyuwangi, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Namun yang paling banyak terdapat di Banyuwangi.

"Karena itu kami menitipkan pesan pada bupati dan wakil bupati yang baru, untuk melakukan pra-conditioning menyiapkan tim, kemudian melakukan telaah pada proyek strategis nasional utamanya yang berkaitan di lingkar Ijen," jelas Khofifah.

Kawasan Selingkar Ijen masuk dalam prioritas pembangunan nasional. Karena itu Kawasan Gunung Ijen harus dijadikan catatan prioritas oleh Pemkab Banyuwangi.

Ini, menurut Khofifah karena selama ini wisatawan-wisatawan yang ke Kawah Ijen lebih banyak melalui Banyuwangi. Khofifah meminta pada pemerintahan Banyuwangi yang baru untuk melakukan penguatan-penguatan di kawasan Selingkar Ijen ini.

Simak juga 'Bupati Banyuwangi: Kawah Ijen hingga Agrowisata Tamansuruh Telah Dibuka':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2