Begini Langkah Dinsos Targetkan Ponorogo Sebagai Kabupaten Layak Anak

Charoline Pebrianti - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 14:44 WIB
dinas sosial ponorogo
Ponorogo Siapkan diri untuk Kabupaten layak anak (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Dinas Sosial (Dinsos) Ponorogo menargetkan Ponorogo menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) di tahun 2021. Ada lima klaster hak anak yang diperhatikan.

Mulai dari klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya dan klaster perlindungan khusus.

Kepala Dinsos Ponorogo Supriyadi menjelaskan pihaknya sudah melakukan self assesment dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim.

"Di tahun 2019 kita sudah melakukan self assesment dari instrumen kementerian di angka 687. Itu pada tingkatan madya," kata Supriyadi kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, di tahun 2021 pihaknya yakin tembus di angka 700-800. Sehingga bisa meraih penghargaan KLA tingkat Nindya.

Selain itu, beberapa kelompok masyarakat, organisasi dan lembaga menginisiasi KLA. Lembaga kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) juga mendeklarasikan layak anak melakukan kegiatan evaluasi ada pesantren ramah anak, sekolah juga mensupport, lembaga bantuan hukum yang siap membantu.

"Juga asosiasi pengusaha sayang anak Indonesia sudah memberikan donasi yang baik untuk anak-anak," ujar Supriyadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2