Ini Kata BPBD Penyebab Banjir yang Porak-porandakan Kepulungan Pasuruan

Ini Kata BPBD Penyebab Banjir yang Porak-porandakan Kepulungan Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 18:38 WIB
Dampak Banjir di Kepulungan Pasuruan, 49 Rumah dan 19 Jembatan Rusak
Sampah-sampah di lokasi banjir dibersihkan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

Harris mengatakan, banjir di Pasuruan seperti beberapa waktu lalu belum pernah terjadi sebelumnya. Pihaknya berharap di wilayah tersebut segera dipasang early warning system (EWS).

"Setelah kemarin kejadian kita aware, oh ternyata daerah situ diperlukan tambahan early warning system (EWS). Yang ada sekarang kan ada dua, di daerah yang menjadi langganan banjir seperti DAS Welang dan Petung. Kami berharap kepada BPBD Provinsi maupun ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas bisa memasang EWS," jelasnya.

Menurut Harris, banjir bandang juga terjadi di beberapa loaksi pada saat bersamaan. Sungai Besuki di Gempol juga meluap menyebabkan 19 rumah warga Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah tak ada korban jiwa seperti di Desa Karangrejo," jelas Harris.

Selain itu, 19 jembatan di beberapa lokasi di Kecamatan Prigen, Pandaan dan Gempol juga rusak. Jenis kerusakan mulai putus, berat, sedang dan ringan. Sebuah tanggul di Bangil juga tercatat jebol.

"Estimasi total kerugian akibat banjir Rabu lalu di seluruh lokasi di Pasuruan Rp 10 miliar. Kerugian akan kami hitung kembali dan pembebanannya akan kita sharing dengan instansi berwenang lain, seperti BBWS dan Bina Marga Jatim," pungkas Harris.


(fat/fat)