Ini 7 Tempat di Surabaya yang Ditutup Saat Weekend

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 19:28 WIB
Jalan Tunjungan dan Darmo dijadikan kawasan physical distancing malam ini. Pemkot Surabaya bersama polisi menutupnya hingga besok pagi.
Jalan Tunjungan ditutup (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Beberapa daerah di Indonesia menerapkan lockdown dan gerakan di rumah saja saat weekend. Namun tidak di Kota Surabaya. Surabaya memilih menutup tujuh titik karena dinilai menimbulkan kerumunan.

Berikut tujuh tempat di Surabaya yang ditutup saat weekend:

1. Jalan Darmo
Plt Wali Kota Surabaya melakukan kawasan physical distancing di Jalan Darmo, dengan menutup akses jalan di malam hari. Khususnya pada saat akhir pekan. Yakni Senin - Kamis pukul 22.00 WIB - 05.00 WIB, sedangkan Jumat - Sabtu pukul 20.00 WIB - 08.00 WIB.

2. Jalan Tunjungan
Sama halnya dengan Jalan Darmo, penutupan juga dilakukan di Jalan Tunjungan. Pemberlakuan jamnya pun juga sama dengan Jalan Darmo. Yakni Senin - Kamis pukul 22.00 WIB - 05.00 WIB, sedangkan Jumat - Sabtu pukul 20.00 WIB - 08.00 WIB.

3. Jalan Mayjen Sungkono
Jalan Mayjen Sungkono akhir pekan ini masuk dalam daftar penambahan penutupan jalan akhir pekan. Penutupan dilakukan mulai akhir pekan Jumat (5/2/2021) - Sabtu (5/2/2021) pukul 22.00 WIB - 08.00 WIB.

"Surabaya akan kita perketat, seperti penutupan ruas jalan. Semula hanya di Jalan Darmo dan Tunjungan, akan kita perluas di Jalan Mayjend Sungkono sejak jam 20.00," kata Whisnu saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/2/2021).

4. Jembatan Suroboyo
Saat akhir pekan, terlebih hari Minggu, Jembatan Suroboyo dinilai menjadi titik kerumunan. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan. Pemkot Surabaya akan menutupnya, Minggu (7/2/2021).

"Di Jembatan Suroboyo di hari Minggu pagi, karena evaluasi kita hari Minggu buanyak kerumunan. Sehingga Minggu besok jam 04.00 WIB - 10.00 WIB kita tutup. Jadi mulai pertigaan Sentra Ikan Bulak (SIB) sampai Jembatan Suroboyo kita tutup jalannya," jelasnya.

5. Lapangan Kodam
Saat malam hari, terlebih pada akhir pekan Pasar Kodam menjadi salah satu tempat yang menimbulkan kerumunan. Berdasarkan hasil evaluasi, maka akhir pekan ini Pasar Kodam ditutup untuk sementara. "Lapangan kodam juga ditutup sesuai jam operasional, malam," ujarnya.

6. Sentra PKL Tugu Pahlawan
Pusat keramaian yang dilakukan penutupan pertama adalah Sentra PKL di Tugu Pahlawan Surabaya. Sentra PKL yang biasa buka pada Minggu pagi ini sudah dilakukan penutupan sejak Minggu, (31/1/2021) lalu.

"Kan sempat viral rame sejak minggu lalu sudah kita imbau untuk tidak jualan selama PPKM," katanya.

7. PKL di Kawasan Masjid Al Akbar
Selain itu, kawasan Masjid Al Akbar juga menjadi salah satu titik pusat keramaian di Surabaya. Pemkot Surabaya pun mengimbau kepada para PKL, agar tidak berjualan saat weekend.

"Masjid Agung tidak kita tutup, tapi PKL yang tidak boleh berjualan," pungkasnya.

(fat/fat)