Harga Telur di Sidoarjo Anjlok, Permintaan di Pasar Baru Porong Meningkat

Suparno - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 18:13 WIB
penjual telur di Pasar Porong Sidoarjo
Harga telur di Sidoarjo anjlok (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Harga telur ayam ras di pasar tradisional Sidoarjo terus anjlok. Ini membuat permintaan telur di Pasar Baru Porong, Sidoarjo, meningkat.

Dari pantauan detikcom, saat ini harga telur Rp 20 ribu/kg. Padahal sebelumnya, harga per kg telur ayam ras ini mencapai Rp 28 ribu.

Ari Sri Lestari (46) salah satu pedagang telur di pasar Porong Sidoarjo mengatakan, harga telur setiap hari terus turun. Empat hari yang lalu harga telur mencapai Rp 28 ribu/kg. Hampir setiap hari harga telur anjlok.

"Saat ini harga jual telur Rp 20 ribu/kg. Meskipun harganya terus turun alhamdulillah permintaan pembeli malah naik," kata Ari di Pasar Porong Baru, Sidoarjo, Rabu (27/1/2021).

Ari mengakui, meski permintaan banyak, namun keuntungannya sangat minim. Setiap kotak yang berisi telur sebanyak 20 kg, hanya mendapat keuntungan sebesar Rp 5 ribu. Namun bila telur dijual eceran per kilogram, dirinya mendapatkan keuntungan Rp 500.

"Dengan harga telur terus anjlok, keuntungannya sangat minim," tambah Ari.

Hal sama disampaikan oleh Khoiriah (61) pedagang telur mengaku bahwa harga telur terus anjlok. Meski untungnya juga ikut menurun, dia tetap semangat untuk berjualan. Sebenarnya problem pedagang itu bukan turunnya harga telur, namun sejak pandemi COVID-19, semua pedagang terus merugi.

"Kami juga tidak mengetahui secara pasti apa penyebab harga telur terus anjlok. Bagi kami tidak masalah yang terpenting masih ada untung," kata Khoiriah.

Diah (43) salah satu pembeli mengaku sangat senang dengan harga telur anjlok, karena dirinya sering membeli telur untuk kebutuhan keluarga.

"Karena harga telur murah, yang biasanya beli hanya 1 kg. Hari ini membeli 3 kg, mumpung harga murah mas," tandas Diah.

(fat/fat)