Ruas Tol Surabaya-Gempol Longsor, Satu Lajur Ditutup Sementara

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 13:13 WIB
Ruas Tol Surabaya-Gempol Longsor
Ruas jalan tol yang longsor (Foto: Istimewa)
Surabaya - Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol di KM 06+200 jalur A mengalami longsor. Akibatnya satu lajur yang mengarah ke Gempol ditutup sementara.

Kanit PJR Jatim 2 AKP Roni Faslah mengatakan lokasi longsornya jalan tepatnya berada dari arah Dupak mengarah ke Waru. Adapun kedalamannya mencapai 1,5 meter dan panjang 25 meter

"Lokasi tepatnya longsor dari Dupak ke arah Waru. Kedalamam 1,5 meter panjang 25 meter," ujar Roni kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Menurut Roni, sebelum longsor, di lokasi sempat terjadi penurunan tanah kemudian diperbaiki. Namun saat hujan deras pada Selasa (26/1) kemarin malam, jalan malah longsor.

"Senin itu sudah ada penurunan sekitar 5 cm. Kemudian diperbaiki terus hujan penurunan tanah lagi dan longsor kemarin malam," terang Roni.

Akibat longsornya jalan tol Surabaya-Gempol, lanjut Roni, saat ini satu lajur untuk sementara ditutup. Satu lajur itu yakni arah menuju Gempol.

"Saat ini kami turup satu lajur. Karena kalau ditutup semua kan tidak memungkinkan," tandas Roni.

GM Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad (GM RO 3 JTTRD) Hendri Taufik mengatakan saat ini pihak Jas Marga tengah berkoordinasi dengan Tim Geoteknik dari ITS untuk memantau kondisi longsoran tersebut. Adapun untuk penanganan pertama, pada lokasi longsoran dipasang sandbag.

Pihak Jasa Marga juga saat ini telah menyiapkan mitigasi risiko. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi akibat kejadian longsor tersebut.

Adapun mitigasi risiko tersebut yakni berupa pengurangan kapasitas transaksi. Pengurangan akan dilakukan di Gerbang Tol Dupak dan Banyu Urip guna menyesuaikan kapasitas lajur yang masih bisa dilewati. (iwd/iwd)