Hasil Operasi Yustisi PPKM di Jatim Selama 2 Pekan Capai Rp 500 Juta

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 21:59 WIB
Polisi Jatim mengumpulkan hasil denda Rp 500 juta selama operasi yustisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hasil itu terkumpul selama dua pekan PPKM.
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Polisi Jatim mengumpulkan hasil denda Rp 500 juta selama operasi yustisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hasil itu terkumpul selama dua pekan PPKM.

"Selama dua pekan total denda dari pelanggar prokes mencapai Rp 500 juta lebih," papar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, Selasa (26/1/2021).

Menurut Gatot, hasil denda yang terkumpul selama pelaksanaan operasi yustisi PPKM digelar di 13 kota dan kabupaten di Jatim. Adapun petugas gabungan yang terlibat operasi yakni Polri, TNI, Satpol PP serta instansi terkait.

"Polda Jatim bersama dengan Tim Hunter, TNI, Satpol PP dan instansi yang lain, telah melakukan operasi yustisi selama penerapan PPKM di 13 wilayah di Jatim," ujar Gatot.

Gatot menambahkan, operasi yustisi PPKM Jatim dimulai sejak 11 hingga 25 Januari 2021. Sedangkan total kegiatan operasi yang digelar sebanyak 1.378.435 kali.

Adapun target operasi meliputi pelanggar protokol kesehatan yakni perseorangan, terminal dan pelabuhan, mal, pasar, restoran atau rumah makan, tempat wisata dan tempat ibadah. Sedangkan sasaran dari operasi yustisi selama penerapan PPKM di antaranya orang pribadi, terminal dan pelabuhan, mal, pasar, restoran atau rumah makan, tempat wisata dan tempat ibadah.

Pemprov Jatim melalui instruksi Mendagri Tito Karnavian memperpanjang penerapan PPKM. Instruksi itu tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19.

Tak hanya memperpanjang PPKM, yang menerapkan PPKM di Jatim juga ditambah 4 daerah lagi. Sehingga total yang menerapkan PPKM mencapai 17 daerah di Jatim, dari 26 Januari hingga 8 Februari mendatang.

(sun/bdh)