Pembalap Liar di Kediri Kucar-kacir, Polisi Amankan 134 Motor

Andhika Dwi - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 22:20 WIB
Petugas gabungan di Kediri menggelar razia balap liar di tengah pandemi COVID-19. Ada 134 sepeda motor yang diamankan dari lokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Purwoasri.
Jumpa pers Polres Kediri/Foto: Andhika Dwi
Surabaya -

Petugas gabungan di Kediri menggelar razia balap liar di tengah pandemi COVID-19. Ada 134 sepeda motor yang diamankan dari lokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Purwoasri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan, petugas gabungan merazia aksi balap liar pada Minggu (24/1) malam. "Razia balap liar itu berawal dari informasi dari masyarakat, dan anggota gabungan Polsek Kunjang, Koramil dan Polres Kediri melakukan razia," ucap Lukman, Senin (25/1/2021).

Petugas gabungan menindaklanjuti informasi dari masyarakat, bahwa di jalan raya Kediri-Jombang tepatnya di Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri, terjadi kerumunan massa. Petugas kemudian langsung melakukan mapping di lokasi tersebut.

Pada saat petugas datang di lokasi, para pelaku balap liar langsung kucar-kacir. Alhasil petugas mengamankan 134 kendaraan roda dua di lokasi tersebut. Kendaraan tersebut langsung diamankan ke Mapolsek Kunjang.

"Setelah dilakukan mapping, petugas gabungan langsung merazia lokasi tersebut. Dari total 134 kendaraan, 50 di antaranya tidak sesuai spesifikasi kendaraan," imbuh Lukman.

Lukman melanjutkan, untuk mengambil kendaraan tersebut, para pelanggar harus menunjukkan surat kendaraan yang lengkap. Mereka harus membawa STNK, BPKB dan disertai surat keterangan dari pemerintah desa setempat.

Selain itu, orang tua wajib mengantar putranya. Hal itu untuk memberikan efek jera kepada para pemuda yang melakukan aksi balap liar itu. "Para pelanggar juga harus sungkem meminta maaf kepada orang tuanya agar tidak mengulangi perbuatannya," tambah Lukman.

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk mematuhi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Jangan sampai berkerumun.

(sun/bdh)