Ini Penampakan Ledakan di Mojokerto yang Sempat Dikira Bom hingga Pesawat

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 15:08 WIB
Ini Penampakan Lokasi Ledakan Keras yang Guncang Mojokerto
Ledakan di Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Ledakan di Mojokerto terjadi di lahan bekas tambang pasir. Meski ledakan keras tersebut menggetarkan rumah-rumah penduduk, namun tidak ada lubang bekas ledakan di lokasi.

Ledakan tersebut terjadi di lahan milik Muslikh (60) di Dusun Watuumpak, Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo. Lahan bekas tambang pasir tersebut mempunyai kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan jalan. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari permukiman penduduk.

Asap terlihat masih mengepul dari lokasi ledakan di Mojokerto. Asap itu berasal dari bara di dalam tumpukan sampah yang terbakar. Meliputi sampah gabus keras warna kuning kecokelatan, kayu, sejumlah kaleng cat, serta limbah bahan sepatu atau sandal.

Namun, tidak nampak adanya lubang dampak ledakan di dalam kuari. Hanya jejak kebakaran yang masih tampak. Yaitu beberapa pohon yang dahannya hangus dan dedaunannya menjadi arang. Serbuk warna abu-abu tercecer hingga ke jalan dan pepohonan diduga akibat ledakan.

Pasca ledakan keras, api juga membakar timbunan sampah di sebelah utara. Asap juga masih mengepul dari tumpukan sampah kain dan gabus warna cokelat tersebut. Tidak nampak garis polisi di lokasi ledakan.

Lihat juga video 'Ledakan Terjadi di Pabrik Kimia Cilegon':

[Gambas:Video 20detik]



Kanit Reskrim Polsek Kutorejo Iptu Agus Setiawan bersama anggotanya datang ke lokasi untuk mengumpulkan informasi dari masyarakat dengan ledakan di Mojokerto. Dia enggan berspekulasi terkait penyebab ledakan misterius di Mojokerto tersebut.

"Penyebab ledakan masih kami selidiki. Kami sedang mengumpulkan informasi dari masyarakat," terangnya saat berbincang dengan detikcom di lokasi ledakan, Kamis (21/1/2021).

Ledakan di Mojokerto terjadi di lahan bekas tambang pasir milik Muslikh pada Rabu (20/1) sekitar pukul 19.00 WIB. Satu kali ledakan tersebut disusul bola api yang membumbung tinggi. Api membakar sampah yang dibuang di lahan tersebut.

Dampak ledakan keras dirasakan warga Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal di sebelah utara tempat kejadian. Menurut warga, selain suaranya yang kencang, ledakan juga menggetarkan rumah mereka.

Ledakan yang belum diketahui sumbernya itu sempat membuat heboh warga Mojotamping dan sekitarnya. Mereka berbondong-bondong ke lokasi kejadian karena dibuat penasaran.

Berbagai spekulasi pun muncul terkait penyebab ledakan keras tersebut. Mulai dari bom, pesawat jatuh, ledakan gas elpiji, hingga gunung meletus.

(fat/fat)