Penyebar Hoaks Kasdim 0817 Gresik Wafat Divaksin Adalah Napi Seumur Hidup

Amir Baihaqi, Suparno - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 14:38 WIB
Satu penyebar hoaks soal Kasdim 0817 Gresik wafat usai divaksin COVID-19 telah diketahui. Ia yakni Tri Setyo (44), narapidana di Lapas Porong.
Lapas Porong/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Satu penyebar hoaks soal Kasdim 0817 Gresik wafat usai divaksin COVID-19 telah diketahui. Ia yakni Tri Setyo (44), narapidana di Lapas Porong.

Pelaku berasal dari Gresik. Namun alamat KTP-nya berada di Griyo Samudera Asri, Taman, Sidoarjo. Adapun kasus yang mengakibatkan ia masuk lapas yakni kasus pembunuhan.

"Asalnya dari Gresik. Tapi sesuai alamat KTP di Taman Sidoarjo. Yang bersangkutan di Porong itu terlibat kasus pembunuhan," terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko kepada detikcom, Kamis (21/1/2021).

Gatot menambahkan, dalam kasus pembunuhan itu, Tri Setyo dijatuhi hukuman seumur hidup. Saat ini, pelaku baru menjalani 4 tahun penjara.

"Hukumannya seumur hidup tapi baru dijalani 4 tahun ini," tambah Gatot.

Kalapas Klas I Surabaya di Porong, Gun Gun Gunawan mengatakan, pengakuan pelaku saat dilakukan pemeriksaan, penyebaran hoaks itu melalui handphone miliknya sendiri. Ia menyelundupkan HP tersebut saat awal kali dilakukan penahanan ke Lapas Porong.

"Dari pengakuannya memang benar napi tersebut yang membuat berita hoaks itu. Napi ini merupakan desersi salah satu kesatuan dari TNI. Masuk lapas sekitar Bulan Mei 2019 dengan kasus pembunuhan," kata Gun Gun.

Gun Gun mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas napi tersebut. "Sudah ditangani secara bersama dengan pihak kepolisian Polres Gresik. Yang jelas sudah kami tindak. Udah kita sel sesuai dengan ketentuan karena pelanggaran berat," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2