Soal Perpanjangan PPKM, Pemprov Jatim Masih Tunggu Instruksi Mendagri

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 22:15 WIB
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono
Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah berlangsung 10 hari. Namun pengamat menilai, kebijakan PPKM tidak efektif.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menyatakan, kewenangan perpanjangan PPKM ada di pusat bukan provinsi. Pemprov Jatim masih menunggu surat instruksi Mendagri turun terkait diperpanjangnya PPKM.

"Kita masih menunggu arahan pusat, karena kewenangannya di sana. Akan ada evaluasi lagi mana saja daerah yang menerapkan PPKM," kata Heru, Rabu (20/1/2021).

Pada sore tadi, dilakukan rapat terkait PPKM di Jatim. Satgas COVID-19 saat dikonfirmasi belum mengetahui wilayah mana saja di Jatim yang akan diperpanjang masa PPKM.

"Instruksi Mendagri yang baru soal perpanjang PPKM, belum turun suratnya. Jadi masih tunggu arahan pusat, terkait perpanjangan PPKM," ujar Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril kepada detikcom, Rabu (20/1/2021).

Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga, dr Windu Purnomo menyatakan, PPKM merupakan kebijakan yang tidak efektif. Windu melihat kebijakan PPKM terkesan dilakukan setengah hati. Bahkan, kebijakan ini dirasa hanya formalitas belaka dan tidak berjalan efektif.

Selanjutnya
Halaman
1 2