Korban Longsor Kota Malang Ditemukan Mengapung di Waduk Sengguruh

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 11:08 WIB
korban longsor
Korban longsor di Malang ditemukan (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Jenazah diyakini korban longsor di Perum Griya Sulfat Inside ditemukan tewas di Waduk Sengguruh, Kepanjen, Kabupaten Malang, pagi tadi. Korban adalah Roland Sumarno (40) yang sebelumnya hilang terbawa arus sungai Bangau saat longsor terjadi.

Jenazah Roland awalnya ditemukan seorang pemulung saat mengais sampah di Waduk Sengguruh sekitar pukul 07.50 WIB pagi tadi. Melihat ada sosok mayat mengapung diatas air, saksi segera melaporkannya kepada petugas.

Koordinator lapangan Basarnas Surabaya, Ainul Makhdin membenarkan adanya penemuan jenazah di waduk Sengguruh, yang diyakini adalah Roland korban longsor di Perum Griya Sulfat Inside, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Senin (18/1), sore.

"Iya benar, jenazah sudah ditemukan di waduk Sengguruh. Sesuai ciri-ciri yang diketahui, jenazah kami yakini adalah Roland korban longsor di Kota Malang," ujar Ainul saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (20/1/2021).

Ainul mengatakan jenazah telah dibawa ke RS dr Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang, untuk menjalani proses visum. Dengan ditemukannya jenazah Roland, maka operasi pencarian dihentikan.

"Jenazah masih dalam proses visum di RSSA, dan setelah ditemukan jenazah korban, maka operasi SAR dihentikan," terang Ainul.

Seperti diberitakan, satu warga Jalan Sadang, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, hanyut terbawa arus sungai. Korban hanyut setelah bagian teras rumahnya longsor. Basarnas bersama SAR gabungan tengah melakukan pencarian.

Peristiwa pilu ini menimpa Roland Sumarno (40), yang menempati rumah di Griya Sulfat Inside, lokasinya berbatasan dengan aliran sungai Bango. Tanah longsor akibat hujan deras terjadi pada Senin (18/1/2021), sore.

Bagian rumah yang mengalami longsor, hanya pada bagian halaman depan, ketinggian tanah longsor sekitar 20 meter hingga bibir sungai.

Selain korban, dua sepeda motor juga ikut terbawa longsoran tersebut. Namun istri korban yang bernama Yunica (26), selamat dari kejadian tersebut.

Pasca kejadian, seluruh penghuni Perum Griya Inside berjumlah 8 KK dievakuasi. Polisi yang datang ke lokasi, memasang garis polisi. Akses menuju perumahan ditutup.

(iwd/iwd)