Ini Daftar Tempat Hiburan Bandel yang Ditindak Selama PPKM di Surabaya

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 21:22 WIB
Sebuah tempat karaoke di Surabaya nekat buka saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Rekreasi hiburan umum (RHU) itu terancam ditutup permanen.
Razia tempat hiburan malam di Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya -

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Surabaya sudah berjalan selama sepekan. Namun masih banyak tempat hiburan dan panti pijat yang bandel dan tetap nekat buka meski sudah dilarang.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, selama sepekan pelaksanaan PPKM di Surabaya 11 hingga 18 Januari 2021, sebanyak 43 RHU bandel telah dilakukan penindakan oleh jajaran Polrestabes Surabaya.

"Satu pekan ada 43 yang kita lakukan penindakan sama dengan Satpol PP. Untuk sementara kita kedepankan Satpol PP karena ini ada Perwali. Tetapi sekali lagi kalau ada yang membandel, tidak menutup kemungkinan akan kita kenakan pidana," kata Hartoyo kepada detikcom di Polrestabes Surabaya, Senin (18/1/2021).

Menurut Hartoyo, penindakan tersebut dilakukan karena saat ini pandemi COVID-19 belum selesai. Oleh sebab itu, sesuai dengan Perwali Nomor 67 tahun 2020 dan perubahan Perwali No 02 RHU tidak boleh buka. Sedangkan yang boleh buka hanya cafe, restoran.

"Itupun ada syaratnya dan ketentuan, yaitu 25 persen dari kapasitas kemudian harus menerapkan protokol kesehatan. Itu yang kita sosialisasi, edukasi, sekaligus penindakan," ungkap Hartoyo.

Hartoyo mencontohkan jika di dalam ada 12 kursi, jika sesuai ketentuan 25 persen berarti 3 kursi. Kemudian yang 9 kursi diminta untuk melipatnya dan menyimpan.

"Baru itu tidak ada niat, kalau sekedar disilang-silang. Kepatuhan masyarakat itu harus didahului oleh para pelaku usaha ini, untuk menyediakan tempatnya. Kalau hanya sekedar disilang-silang, manakala ada orang datang dia pasti duduk, meskipun ada tanda silangnya. Kecuali kepedulian protokol kesehatan itu tinggi. Tapi tidak seperti itu, kalau masih bandel kita tindak," ungkap Hartoyo.

Hartoyo mengungkapkan, pihaknya bersama Satpol PP Kota Surabaya, setiap hari melakukan penindakan protokol kesehatan baik perorangan dan pelaku usaha, sesuai dengan Perwali Nomor 67 tahun 2020 di kena denda administratif.

"Sudah banyak yang ditindak, untuk pelaku usaha maksimal Rp 25 juta, tapi itukan tergantung klasifikasinya, ada yang usaha kecil, menengah dan besar. Kalau dia (usahanya) besar bisa Rp 25 juta. Jadi mekanismenya sudah diatur sesuai dengan Perwali No 67, itu langsung membayar ke bank yang ditunjuk. Baru dia bisa ambil barang bukti yang diamankan, entah KTP, SI, identitasnya sebagi jaminan. Manakala sudah membayar (denda)," ujar Hartoyo.

Hartoyo mengimbau kepada masyarakat dalam kedisiplinan Protokol Kesehatan tidak hanya mematuhi 3M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) saja. Namun 5M yaitu menghindari kerumunan, mengurangi interaksi.

Data Polrestabes Surabaya, ada 43 RHU yang telah dilakukan penindakan selama PPKM mulai 11 Januari hingga 18 Januari 2021:

  • Sat Reskrim Polrestabes Surabaya, 1 lokasi (Asoka Jl. Raya Manukan Kulon No.74)
  • Polsek Tandes sebanyak 5 Lokasi (Karaoke Alexis, Dlove, Pop City, Godhong Jati dan Red Seven).
  • Polsek Sawahan sebanyak 5 Lokasi (Karaoke Deberry Jl Banyu Urip, Nigh Club' Triple X Ruko Kedungdoro, Karaoke LCC Ruko Kedungdoro, Karaoke Cafe Arjuno Jl. Arjuno dan Panti Pijet Orenge Ruko Darmo Park 1).
  • Polsek Mulyorejo sebanyak 2 Lokasi (Corona Karaoke pertokoan Sutorejo Prima Utara dan Pijat Kesehatan Healthy Familyj Jln Mulyorejo 163)
  • Polsek Benowo 5 Lokasi (Rasa Sayang Planet, King Cafe, G Jeck, Malaba dan WW)
  • Polsek Gubeng sebanyak 10 Lokasi (Braseri, NAV, Old Woods, Show Brety, Haven, Slalter, Stadiun, Suzana, Coulor dan Buru Garden)
  • Polsek Rungkut sebanyak 5 Lokasi (Terminal Pool & Karaoke, My Frends, Cozmic, Atlantic, Pop City)
  • Polsek Lakarsantri 1 Lokasi (Net Karaoke Jl. Raya Sepat Lidah Kulon)
  • Polsek Genteng sebanyak 5 Lokasi (CafĂ© Escobar, Karaoke M 8, Deluxe, King Ball dan Rasa Sayang)
  • Polsek Simokerto sebanyak 4 Lokasi (Santoso, Makassar Cafe, Top One dan Suka-suka)
(bdh/bdh)