Dua Sopir Ekspedisi Gelapkan 171 Unit Sepeda Gunung Ditangkap

Suparno - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 20:47 WIB
Dua Sopir Ekspedisi Gelapkan 171 Unit Sepeda Gunung Ditangkap
Foto: Suparno
Sidoarjo -

Dua sopir ekspedisi ini ditangkap Polresta Sidoarjo. Para pelaku menggelapkan 171 unit sepeda gunung.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Wahyudin Latif mengatakan penangkapan dua tersangka berawal dari informasi masyarakat yang menyebut orang yang menawarkan sepeda gunung merek Exotic dengan harga murah.

"Tersangka menawarkan sepeda jauh di bawah harga pasar. Mereka menjual sepeda tersebut dengan harga Rp 1.250.000, padahal harga pasarannya di kisaran Rp 3 juta. Mereka telah berhasil menjual 60 unit sepeda," kata Wahyudin kepada wartawan di Mapolresta Sidoarjo, Jumat (15/1/2021).

Latif menjelaskan, setelah menerima informasi tersebut, pihaknya mengkonfirmasi ke PT Roda Pacific Semarang selaku produsen sepeda MTB merk Exotic, awal Januari 2021.

"Ternyata pihak produsen kehilangan ratusan sepeda yang seharusnya dikirim ke Cilacap, Jawa Barat," tambah Wahyudin.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap Ali Mustofa, warga Dusun Sirapan, Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo, yang berperan sebagai penadah dan menyiapkan gudang sekaligus menjual sepeda-sepeda hasil penggelapan tersebut.

Selain itu polisi juga membekuk Achmad Nuri, warga Desa Gedungmulyo, Kecamatan Lasem, Rembang, Jateng, yang berperan sebagai perantara dan sopir yang membantu tersangka utama mengirim ratusan sepeda ke gudang yang telah disiapkan tersangka Ali Mustofa. Mereka berdua pun ditangkap di daerah Krian.

"Tersangka utama sedang kita kejar. Kita sudah mendapat identitasnya. Saat ini barang bukti yang kita amankan berupa satu unit truk dan 170 unit sepeda. Kedua tersangka kita jerat dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," jelas Wahyudin.

(fat/fat)