Silakan Tertawa, Nama-nama Desa di Jatim Ini Unik dan Lucu

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 11:45 WIB
13 Desa di Jatim Dengan Nama Unik dan Nyleneh, Ada Pacar Peluk hingga Brondong
Salah satu desa di Jatim dengan nama unik (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Jawa Timur dikenal alamnya yang indah. Tak hanya alam, Jawa Timur juga memiliki desa-desa dengan nama yang unik dan lucu. Selalu ada kisah yang melatarbelakangi penamaan sebuah desa. Entah cerita masyarakat pada zaman dahulu atau mitos.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa pernah membagikan foto nama desa dan sekolah unik di dalam akun Instagramnya. Akun @khofifah.ip mengunggahnya pada 3 Desember 2019 lalu.

Berikut 13 nama desa di Jatim yang memiliki nama unik:

1. Desa Malingmati
Ketika awal mendengar nama desa ini, pikiran langsung terlintas pada maling (Pencuri) yang meninggal. Desa Malingmati ini ada di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Di Desa Malingmati ini kerap mengalami kekeringan saat musim kemarau. Jemaat masjid yang hendak shalat pun menggunakan air seadanya dan terkadang kotor untuk wudhu. Namun kini sudah ada tidak lagi kesulitan air bersih. Karena Desember 2019 lalu sudah ada sarana air bersih.

2. Desa Nglawak
Desa Nglawak ini berada di Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Dari namanya yang unik, ternyata di Desa Nglawak juga banyak orang yang suka "ndagel" hingga membuat orang lain tertawa ngakak.

3. Desa Pocong
Pocong, mendengar namanya saja sudah terlintas jenazah yang dibalut kain kafan. Ternyata di Jawa Timur ada nama Desa Pocong yang ada di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan. Konon, nama pocong diambil dari sebuah cerita munculnya sumber air pertama dari pohon pucang.

Lihat juga video 'Main-main ke Taka Makassar, Destinasi Unik di Labuan Bajo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3