Begini Kondisi Terbaru Gunung Semeru

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 11:49 WIB
hujan abu terjadi usai semeru meletus
Gunung Semeru Rabu 2 Desember (Foto file: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Surabaya -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG) menyebut masih melakukan pengawasan Gunung Semeru. Usai meletus pada Selasa (1/12) dini hari, Gunung Semeru di Jawa Timur masih berstatus level dua atau waspada.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan dari data pengamatan terakhir pada Kamis (3/12) mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, aktivitas kegempaan mencatat ada satu letusan yang terjadi di gunung setinggi 3.676 mdpl ini.

"Jumlah letusan satu, dengan amplitudo 11 mm dan durasi 55 detik," kata Kasbani saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Kamis (3/12/2020).

Kasbani menyebut sempat terjadi 13 kali guguran dengan durasi 60 sampai 180 detik. Sedangkan cuaca di sekitar lokasi cenderung cerah dengan angin bertiup lemah ke arah utara, timur laut, selatan, dan barat daya dan suhu udara mulai 22 hingga 24 °C.

"Secara visual, gunung dominan tertutup kabut," imbuhnya.

Gunung Semeru meletus Selasa (1/12) sekitar pukul 03.10 WIB. Ada 7 letusan yang terjadi hingga membuat ratusan warga kaki Gunung Semeru mengungsi. Meski begitu tidak ada korban jiwa. Namun 10 alat berat dan tiga kendaraan tertimbun material vulkanik Gunung Semeru.

Alat berat dan kendaraan tersebut berada di lokasi tambang pasir, di Sungai Curah Koboan, Desa Supit urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Proses evakuasi dilakukan dengan menerjunkan sebuah alat berat. Material vulkanik tersebut kondisinya masih agak panas sehingga cukup membahayakan.

(fat/fat)