Pelajar Berprestasi

Dua Pelajar Surabaya Temukan Teh Herbal yang Hambat Sel Kanker Payudara

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 08:50 WIB
Dua Pelajar Surabaya Buat Teh Herbal Hambat Sel Kanker Payudara
Dua pelajar temukan teh herbal kanker (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

"Sedangkan untuk uji awal anti kanker hasilnya positif bisa menghambat sel kanker. Teh herbalnya juga diujikan ke sel kanker payudara, namanya sel MCF-7 dan T47D," ujarnya.

Uji sel kanker ini memiliki hasil yang sama dengan sebelumnya. Yaknu sama-sama bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

"Kesimpulannya dari sel kanker mau bereaksi dengan benalu dan bisa menurunkan sel kanker. Tapi belum bisa dijadikan obat karena penelitiannya masih pada tahap bisa untuk menghambat sel kanker, bukan penyembuhan," tegasnya.

Namun untuk dikonsumsi maupun dijadikan obat, belum bisa dilakukan. Pasalnya untuk bisa dikonsumsi membutuhkan proses lanjutan. Seperti uji hewan sampai manusia.

Dua Pelajar Surabaya Buat Teh Herbal Hambat Sel Kanker PayudaraDua Pelajar Surabaya temukan Teh Herbal Hambat Sel Kanker/ Foto: Esti Widiyana

"Kami menyebutnya terapi herbal sebagai pelengkap untuk pengobatan pasien kanker, tapi tahapnya penelitian" katanya.

Sementara guru pendamping penelitian teh herbal dan guru kimia, Nur Chamimmah mengatakan, awalnya ia tak menyangka hasil penelitian muridnya bisa mendapatkan penghargaan di ajang Internasional.

"Awalnya ikut ini karena anak-anak ingin mendapatkan pengalaman. Tapi ternyata mereka dapat penghargaan katagori terbaik. Alhamdulilah," pungkasnya.


(fat/fat)