New Antogan, Wisata Kebangsaan di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 18:33 WIB
Destinasi wisata Banyuwangi terus tumbuh. Kini Banyuwangi memiliki destinasi wisata kebangsaan, New Antogan yang berada di Desa Bunder, Kecamatan Kabat.
Gunting pita di New Antogan, Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Destinasi wisata Banyuwangi terus tumbuh. Kini Banyuwangi memiliki destinasi wisata kebangsaan, New Antogan yang berada di Desa Bunder, Kecamatan Kabat.

Antogan sebenarnya sudah dikenal lama oleh warga Banyuwangi. Dipilihnya Antogan sebagai destinasi wisata kebangsaan, karena tempat ini memiliki sejarah yang kental dengan perjuangan rakyat Banyuwangi melawan penjajah.

Menurut sejarah, Antogan adalah tempat berkumpulnya para pejuang banyuwangi melawan penjajahan Belanda. Mengingat banyak terdapat lorong persembunyian yang berada di antara batu-batu besar yang mengelilingi air terjun Antogan. Selain itu antogan juga dikenal sebagai tempat bertapanya Rempek Jogopati, pemimpin Perang Bayu saat VOC mulai menduduki Blambangan.

Pengelola wisata New Antogan, Mari menuturkan bahwa sebelum berperang melawan belanda, Rempeg Jogopati melakukan ritual pertapa di air terjun antogan untuk memohon ridho Allah agar memenangkan peperangan.

"Sejarahnya di Antogan ini merupakan tempat berkumpulnya para pejuang untuk melawan Belanda. Rempeg Jogopati dulu sebelum perang bertapanya juga di sini, makanya kita buat wisata kebangsaan di Antogan ini," kata Mari, pengelola wisata New Antogan kepada detikcom, Minggu (29/11/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2