Nakes RSUD Kota Probolinggo Meninggal Terpapar COVID-19

M Rofiq - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 21:55 WIB
Tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo meninggal terpapar COVID-19. Ia mengembuskan napas terakhir setelah dirawat 7 hari, di ruang isolasi bertekanan negatif.
Nakes RSUD dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo meninggal terpapar COVID-19/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo meninggal terpapar COVID-19. Ia mengembuskan napas terakhir setelah dirawat 7 hari, di ruang isolasi bertekanan negatif.

Nakes tersebut yakni Sumarsono (47), warga Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Ia sehari-hari berdinas sebagai tenaga kesehatan di Ruang OKA atau bagian operasi di RSUD dr Mochamad Saleh.

Plt Direktur RSUD dr Mochamad Saleh, dr Abbrar Khuddah membenarkan bahwa salah satu nakesnya meninggal terpapar COVID-19. Pihaknya berduka atas gugurnya sang nakes.

"Benar tenaga kesehatan meninggal dunia akibat paparan COVID-19. Sangat kehilangan kepergian almarhum, dan baik juga sangat disiplin saat kerja di ruangan operasi. Semoga kepergian almarhum khusnul khotimah dan diterima di sisi Allah SWT," ujar dr Abbrar, Jumat (27/11/2020).

Wali Kota sekaligus Ketua Satgas COVID-19 Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin juga turut berduka atas meninggalnya kembali seorang tenaga kesehatan di RSUD dr Mochamad Saleh. Pihaknya mengimbau para nakes untuk terus menjaga kesehatan dalam bertugas.

"Kami turut berduka cita tenaga kesehatan RSUD dr Mochamad Saleh Kota Probolinggo meninggal dunia terpapar COVID-19a. Sejak sebulan, 32 orang sudah meninggal dunia akibat paparan COVID-19. Dan penambahan orang juga mengalami kenaikan," kata Hadi.

Hari ini juga ada 2 pasien COVID-19 di Kota Probolinggo yang meninggal. Pemerintah dan Satgas COVID-19 mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Lalu akan terus menggalakkan operasi prokes, agar penyebaran COVID-19 tidak meluas.

(sun/bdh)