Terapkan Prokes, KAI Daop 8 Buka Pemesanan Tiket Libur Natal dan Tahun Baru

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 08:20 WIB
stasiun gubeng
Stasiun Gubeng (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Kendati demikian, Suprapto menambahkan pihaknya menyediakan layanan rapid test seharga Rp 85.000 di lima stasiun. Yaitu, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo dan Mojokerto,

"Jika dilakukan di stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan," pesan Suprapto.

Di kesempatan yang sama, Suprapto melihat masyarakat sudah mulai kembali mempercayakan moda transportasi kereta api. Hal ini terlihat dari volume pelanggan yang menunjukkan tren positif dalam 3 bulan terakhir ini.

Misalnya pada September 293.425 penumpang per bulan, Oktober 354.695 penumpang per bulan dan November 2020 diprediksi bisa mencapai 370.000 penumpang tiap bulannya.

"Tidak perlu ragu untuk naik kereta api, karena KAI telah menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin setiap waktu," tutup Suprapto.

Pada libur Nataru ini, PT KAI Daop 8 Surabaya dalam akan mengoperasikan 29 KA jarak menengah atau jauh reguler. Untuk stasiun keberangkatan awal dipusatkan pada 3 stasiun kelas besar, yaitu Stasiun Malang sebanyak 6 KA jarak menengah atau jauh, Stasiun Pasar Turi sebanyak 7 KA dan Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA.

Tujuan dari 29 KA jarak menengah atau jauh tersebut yakni ke arah Jakarta 12 KA, ke Bandung 5 KA, Jember atau Ketapang 7 KA, masing-masing 1 KA ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap serta Purwokerto.

Halaman

(hil/fat)