28 Kampanye Langgar Prokes, Bawaslu Ponorogo Beri Peringatan ke Paslon

Charoline Pebrianti - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 13:40 WIB
Kadiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Ponorogo Juwaini
Kadiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Ponorogo Juwaini (Foto: Charoline Pebrianti )
Ponorogo -

Di tengah pandemi COVID-19, protokol kesehatan jadi kunci utama untuk menekan penyebaran. Termasuk saat pelaksanaan kampanye. Bawaslu Ponorogo merinci ada 28 kegiatan kampanye paslon yang melanggar protokol kesehatan.

"Ada 28 kegiatan yang kita beri surat peringatan, baik dari paslon 01 maupun paslon 02 terkait pelanggaran protokol kesehatan di tengah kampanye yang mereka selenggarakan," tutur Kadiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Ponorogo Juwaini kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Juwaini menambahkan kegiatan kampanye masing-masing paslon itu terhitung dari awal masa kampanye 26 September 2020 hingga 26 November 2020.

"Bawaslu mengawasi kegiatan paslon dalam berkampanye terutama soal protokol kesehatan," ujar Juwaini.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) mencatat protokol kesehatan mewajibkan penggunaan masker pada pertemuan terbatas atau tatap muka. Juga harus melengkapi fasilitas cuci tangan, handsanitizer, serta jumlah peserta maksimal 50 orang.

"Karena kita menjaga di tengah pandemi COVID-19 ini jangan sampai muncul klaster baru saat kampanye," papar Juwaini.

Juwaini menerangkan dari 28 pelanggaran kampanye tersebut, Bawaslu merinci ada delapan kegiatan yang dilanggar soal peserta kampanye yang lebih dari 50 orang.

Simak video 'Demi Protokol Kesehatan, Bawaslu Hilangkan Kampanye Rapat Umum':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2