Ricuh Dua Kelompok Saat Aksi Tolak FPI di Surabaya Berakhir Damai

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 18:54 WIB
demo fpi
Dua pihak yang sempat ricuh saat aksi damai tolak FPI akhirnya berdamai (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Ricuh saat aksi damai Arek Suroboyo tolak FPI di depan Gedung Grahadi berakhir damai. Kedua belah pihak sepakat berdamai.

Pihak dari Arek Suroboyo maupun pihak yang ternyata berasal dari FPI sepakat tidak memperpanjang masalah tersebut.

Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya AKBP Wimboko mengatakan pihaknya telah mempertemukan kedua belah pihak. Wimboko mengatakan yang terjadi adalah kesalahpahaman atau miskomunikasi.

"Sudah kami pertemukan kedua belah pihak. Dan ternyata itu hanya miskomunikasi saja, kedua belah pihak memahami untuk tidak mempermasalahkan hal ini," kata Wimboko kepada wartawan di Polrestabes Surabaya, Rabu (25/11/2020).

demo fpiMediasi yang dilakukan polisi terhadap kedua belah pihak (Foto: Istimewa)

Wimboko menambahkan dari pertemuan tersebut, pihaknya memastikan kedua belah pihak sepakat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban Kota Surabaya, apalagi saat ini menjelang Pilkada Kota Surabaya.

"Tadi kedua belah pihak sudah sepakat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban Kota Surabaya, apalagi jelang Pilwali ini, harapan kami Surabaya kondusif, masyarakat Surabaya bisa menggunakan hak pilihnya masing-masing tanpa ada intervensi, tekanan, sehingga dapat menghasilkan pimpinan terbaik untuk kota Surabaya," ungkap Wimboko.

Sedangkan terkait insiden pemukulan, Wimboko sudah melakukan komunikasi dengan kedua belah pihak. Mereka bisa memahami dan menyelesaikan serta sama-sama saling memaafkan.

"Pemukulan tersebut sudah kami komunikasikan juga dan kedua belah pihak memahami. Bahwa hal tersebut dapat diselesaikan dan sama-sama bisa saling memaafkan. Tidak ada laporan polisi dari kedua belah pihak, keduanya sepakat untuk melakukan islah dengan sama-sama menjaga Kota Surabaya aman dan tertib," tandas Wimboko.

Perwakilan dari FPI Surabaya, Abdul Wahid, mengatakan peristiwa kericuhan saat aksi damai Tolak FPI kemarin sudah selasai dan clear.

"Kita tadi sudah sepakat di dalam, insyaallah tidak ada lagi banner-banner provokatif dari pihak dan maupun dari kita semuanya sepakat satu kata Jogo Suroboyo. Alhamdulillah sudah selesai sudah clear semuanya," kata Wahid.

(iwd/iwd)