Surat Suara Datang, Polisi Jaga Ketat Gudang Logistik KPU Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 20:20 WIB
polisi jaga gudang logistik kpu banyuwangi
Polisi jaga gudang logistik KPU Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Sebanyak 1,3 juta surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 tiba di Gudang Logistik KPU Banyuwangi. Sambil menunggu di sortir dan dilipat, aparat kepolisian berjaga mengamankan surat suara tersebut. Sedikitnya 30 personel kepolisian bersenjata lengkap melakukan pengamanan.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin mengatakan pihaknya telah menugaskan sekitar 30 personel bersenjata untuk berjaga selama 24 jam penuh secara bergantian.

"Untuk pengamanan surat suara, kita akan terjunkan petugas bersenjata yang akan berjaga sepanjang hari," kata Kapolresta Arman kepada detikcom, Selasa (24/11/2020).

Pengamanan ini, kata Arman, karena pihaknya ingin kegiatan Pilkada Banyuwangi 2020 berlangsung adil. Tidak ada yang saling mencurigai dan bertindak curang dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 ini.

"Tentu kami jaga jangan sampai ada orang yang sengaja melakukan kegiatan mengindikasikan kecurangan," tambahnya.

Tidak hanya memastikan keamanan, Kapolresta juga memastikan bahwa gudang telah disterilkan. Pihaknya meminta kepada KPU untuk melakukan pemeriksaan bagi para pekerja sortir dan pelipatan. Tujuannya agar terhindar dari risiko virus COVID-19.

"Kami pastikan juga bahwa sebelum digunakan, gudang sudah steril dari resiko penularan COVID-19. Selanjutnya, ketika logistik ini tiba dan saat pendistribusian nantinya, sudah bersih dan terbebas dari resiko penularan," pungkas Kapolresta.

Sementara itu, Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni mengatakan, surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 sudah berada di gudang KPU. Rencananya surat suara ini segera dilakukan pelipatan. Tentunya pelaksanaan pelipatan dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2