Siaga Bencana, Forkopimda Ngawi Gelar Simulasi Penanganan Dini

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 21:38 WIB
polres ngawi
Forkopimda Ngawi gelar simulasi penanganan dini bencana banjir (Foto: Istimewa)
Ngawi -

Curah hujan yang mulai tinggi di Ngawi memerlukan penanganan dini bencana. Bertempat di Lapangan Taman Wisata Candi Desa Beran, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Forkopimda menggelar simulasi bencana banjir.

"Jadi kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam penanganan bencana, serta koordinasi para stakeholder. Yakni penanggulangan dalam menghadapi bencana alam di musim hujan ini," ujar Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, Kamis (19/11/2020).

Winaya mengatakan kegiatan ini dilakukan juga untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan. Selain itu, lanjut Winaya, juga untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan.

"Intinya kita imbau untuk tingkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan tinggi," katanya.

Winaya menambahkan ada beberapa daerah di wilayah Ngawi yang rawan mengalami bencana banjir. "Rawan banjir seperti wilayah Kecamatan Ngawi, Kwadungan, Pangkur, Geneng. Hal ini yang menjadikan perlunya kesiapan dari beberapa tim tanggap bencana Ngawi guna menanggulangi bencana yang akan terjadi," tandas Winaya.

Dalam simulasi penyelamatan korban banjir selain dari Polri juga melibatkan BPBD serta dari TNI, dan Dinas Kesehatan.

(iwd/iwd)