Butuh 24 Jam Evakuasi Gerbong Anjlok yang Meluncur Sendiri di Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 17:17 WIB
gerbong jalan sendiri
Evakuasi selesai dilakukan (Foto: Istimewa)
Malang -

Proses evakuasi gerbong KA yang meluncur sendiri di stasiun Malang Kotalama akhirnya rampung. Butuh 24 jam mengevakuasi empat gerbong anjlok keluar jalur rel. Crane dan 80 personel diterjunkan.

Manager Humasda PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menuturkan tim telah berhasil mengevakuasi semua gerbong kereta yang anjlok. Gerbong yang berhasil di evakuasi adalah K1 01706, K1 01701, P 06803, dan P 01607.

"Semua gerbong sudah berhasil dievakuasi semua," tegas Suprapto kepada detikcom, Kamis (19/11/2020).

Proses evakuasi ini, lanjut Suprapto, dibantu Crane dari Solo, dengan melibatkan 60 personel tenaga teknisi evakuasi sarana dan 20 personel tenaga teknisi jalan rel.

"Saat ini tim teknis melakukan perbaikan jalur sepanjang 100 meter di jalur 2 stasiun Malang Kotalama," kata Suparapto.

Suprapto menambahkan pihaknya terus berupaya agar seluruh jalur di stasiun Malang Kotalama bisa kembali normal. PT KAI juga memohon maaf atas kejadian ini.

"Kami terus berupaya agar seluruh jalur di stasiun Malang Kotalama bisa kembali pada kondisi normal," imbuhnya.

Suprapto menegaskan tidak ada perjalanan KA yang mengalami keterlambatan, seluruhnya masih beroperasi secara normal. Hal ini dikarenakan perjalanan KA lainnya masih dapat melintas di jalur 1 Stasiun Malang Kota Lama.

"Selain itu, tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Sementara untuk penyebabnya masih dalam proses penyelidikan," pungkas Suprapto.

(iwd/iwd)