Begini Cara Kreatif Pemkab Banyuwangi Dorong Warga Konsumsi Ikan

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 20:42 WIB
Pemkab Banyuwangi mengajak warga melakukan budi daya ikan. Ini dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan.
Pemkab Banyuwangi mengajak warga melakukan budi daya ikan/Foto: Ardian Fanani

Menurut Anas, kegiatan semacam ini dapat mendorong tumbuhnya sektor kreatif di Banyuwangi. Mengingat tantangan ekonomi ke depan pasti lebih berat sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Sehingga cara-cara kreatif dibutuhkan untuk menghadapinya.

"Ibu-ibu kita bekali berbagai keterampilan agar mereka bisa memanfaatkannya untuk membantu ekonomi keluarga dengan membikin usaha baru. Kita dorong agar sektor kreatif ini, termasuk di bidang perikanan, terus tumbuh di masyarakat," kata Anas.

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Hari Cahyo menambahkan, pihaknya terus mendorong peningkatan konsumsi ikan dengan berbagai program. Cara-cara kreatif terus dilakukan.

Selain lewat kampanye Gemarikan, warga juga dikenalkan berbagai keterampilan melalui berbagai pelatihan. Pemkab juga mendorong warga agar bisa memenuhi kebutuhan pangan hariannya dengan memanfaatkan pekarangan rumah (family farming), lewat bak daya lekung.

"Sudah ratusan bak daya lekung yang kita bagi ke dasa wisma. Harapan kami program ini bisa menghemat pengeluaran keluarga. Kangkung bisa dipanen setiap 14 hari sekali, sementara lelenya 2,5 bulan lagi sudah bisa dipanen. Sangat membantu keluarga," kata Hary.

Hary mengaku, pihaknya sengaja menggelar acara di tempat wisata X Badeng. Selain sebagai sarana promosi wisata, juga untuk mengenalkan kuliner ikan yang dikelola warga setempat. Selain juga lokasinya yang nyaman karena masih alami dan sejuk.

"Di sini sudah ada wisata kuliner menu ikan kali dan rafting. Jadi sekalian warga kita ajak menikmatinya," ujar Hary.

Halaman

(sun/bdh)