Atasi Banjir Jangka Panjang, Pj Bupati Sidoarjo Berencana Bangun Waduk

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 12:55 WIB
Pj Sidoarjo Hudiyono bakal membangun waduk untuk penanganan banjir jangka panjang. Hal itu ia ungkapkan saat meninjau lokasi terdampak banjir tiga desa di Kecamatan Tanggulangin.
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono meninjau lokasi banjir tiga desa di Kecamatan Tanggulangin/Foto: Amir Baihaqi
Sidoarjo -

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bakal membangun waduk untuk penanganan banjir jangka panjang. Hal itu ia ungkapkan saat meninjau lokasi terdampak banjir tiga desa di Kecamatan Tanggulangin.

Tiga desa itu yakni Desa Kedungbanteng, Desa Banjarsari dan Desa Banjarpanji. "Solusi jangka panjangnya kita harus membuat waduk tampungan resapan air. Karena begitu air di hulu itu sudah penuh, kita urai ke beberapa waduk," ungkap Hudiyono saat di Desa Kedungbanteng kepada wartawan, Minggu (8/11/2020).

"Waduk itu nanti bisa berfungsi untuk penyimpanan air sementara, dan kita buang ke laut. Atau waduk itu akan buat sebagai tempat wisata. Nah ini jangka panjang. Dan kita butuh komunikasi yang efektif antara Forkopimda, eksekutif, legislatif," tambah pria yang akrab disapa Cak Hud itu.

Adapun untuk pembangunan waduk, lanjut Cak Hud, pihaknya akan melibatkan tenaga ahli dalam pembangunannya nanti. Ia sendiri menargetkan rencana pembangunan sudah bisa direalisasikan dalam waktu 2 tahun ini.

"Ini kan (waduk) jangka panjang. Nah ini nanti kit ada rapat persiapan. Dan kita akan melibatkan tim ahli ini. Karena tim ahli ini secara teknis dan perencanaan yang mendesak bisa kita realisasikan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2