KPU Blitar Tetap Izinkan Paslon Pilbup Bawa Contekan dalam Debat Kedua

Erliana Riady - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 12:31 WIB
KPU Kabupaten Blitar tetap mengizinkan paslon Pilbup membawa contekan (repekan) dalam debat publik kedua. Ini menjawab evaluasi Bawaslu, yang menyebut debat pertama kaku karena paslon membawa contekan.
Debat publik Pilbup Blitar/Foto: Erliana Riady

Menanggapi evaluasi Bawaslu tersebut, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso mengatakan, hari ini akan dilaksanakan rapat pleno evaluasi debat pertama.

"Memang tidak diatur soal bawa repekan. Karena tidak diatur, maka kami perkenankan. Tapi kalau kemarin diatur, terus selanjutnya dilarang, pasti akan jadi pertanyaan besar kenapa kok berubah. Sepertinya tetap bisa membawa (repekan)," jawab Hadi saat dikonfirmasi detikcom.

Sedangkan mengenai media partner, KPU mengaku telah mengetahui hal itu. Untuk media partner dalam debat publik selanjutnya, terutama media televisi, diputuskan akan diganti.

Kemudian soal nobar di kantor kecamatan, menurut Hadi, bukan pelanggaran jika dilaksanakan menggunakan fasilitas pemerintah. Karena dalam Pilpres juga dilakukan menggunakan fasilitas dan anggaran negara.

"Fasilitas negara itu dilarang bagi paslon dan tim kampanyenya. Tapi KPU menggunakan lembaga pendidikan atau fasilitas negara boleh, itu untuk mensosialisasikan paslon dan programnya," pungkasnya.


(sun/bdh)