Atap Pelindung Situs Candi Patakan Telah Berdiri Kembali

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 08:23 WIB
situs candi patakan
Atap pelindung sementara Situs Candi Patakan yang telah berdiri kembali (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Perbaikan atap pelindung sementara situs candi Patakan yang dilakukan usai roboh diterjang hujan deras dan angin kencang selesai. Atap pelindung sementara itu pun kembali berdiri.

Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan, Mifta Alamuddin membenarkan jika atap pelindung sementara situs candi Patakan yang roboh telah kembali berdiri. Perbaikan, menurut Mifta, langsung dilakukan sehari pasca robohnya atap pelindung sementara tersebut.

"Iya, sudah diperbaiki dan sudah berdiri kembali," ujar Mifta saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (1/11/2020).

Dikatakan Mifta, perbaikan yang dilakukan dimulai dengan membersihkan bagian Situs Candi Patakan yang kemudian dilanjutkan dengan memasang kembali atap pelindung sementara tersebut. Pembersihan dan pemasangan, lanjut Mifta, juga dilakukan langsung oleh BPCB Trowulan Jatim bersama Disparbud Lamongan.

"BPCB Trowulan Jatim menerjunkan tim untuk perbaikan atap pelindung sementara itu," ujarnya.

Untuk memperkuat agar tidak roboh kembali, terang Mifta, atap pelindung tersebut juga akan diikat dengan kawat sling untuk menahan angin. Di bagian bawah kawat sling, imbuh Mifta, juga akan ditata sedemikian rupa agar kuat.

"Kita tambah kawat sling agar lebih kuat," jelasnya.

Hujan deras disertai angin kencang merobohkan atap pelindung darurat yang ada di situs Candi Patakan. Robohnya atap darurat itu terjadi pada Senin petang (26/10/2020). Pasca roboh, tim dari BPCB Trowulan dan Disparbud langsung memperbaiki atap tersebut dan kini atap tersebut telah berdiri kembali.

Tonton juga 'Ekskavasi Total Situs Patakan Butuh Biaya Hingga Rp 500 Juta':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)