Panen Mangga Alpukat, Khofifah Janji Perluas Pasar Ekspor

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 21:52 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa panen mangga alpukat
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memanen mangga alpukat di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Orang nomor satu di Jawa Timur ini berjanji membantu para petani dalam memperluas jaringan ekspor.

Kunjungan kerja Khofifah di Kabupaten Pasuruan diawali dengan gowes bareng petani mangga alpukat. Setelah gowes, gubernur membagikan bantuan 5 ribu masker dan 150 paket sembako kepada warga sekitar Desa Wonokerto.

Setelah itu gubernur menuju kebun mangga salah satu warga. Di lokasi, ia memanen mangga alpukat bersama Sekda Jatim, Heru Tjahjono.

Di sela-sela kegiatan memetik mangga dari pohon, Khofifah memuji mangga khas Kabupaten Pasuruan itu. Menurutnya, mangga alpukat adalah salah satu komoditas buah unggulan di Jawa Timur yang saat ini menjadi tren di kalangan pecinta buah tanah air.

Di samping rasanya yang legit dan tekstur buah yang bagus, cara makan mangga alpukat pun menurut Khofifah sangat unik, lantaran tak perlu dikupas sampai terlihat daging buahnya. Melainkan cukup dengan diiris di bagian tengah kemudian diputar hingga terbelah dua, dan dimakan dengan sendok.

"Sehingga cukup higienis, karena kita tak perlu menggunakan sarung tangan atau yang lain. Tapi cukup dibelah, diputar dan dimakan dengan sendok. Sama seperti kalau kita makan buah alpukat," ungkapnya.

Di hadapan para petani, Khofifah mengatakan akan membantu memperluas jaringan ekspor agar mangga alpukat semakin dikenal luas di seluruh wilayah tanah air maupun luar negeri. Sehingga ketika musim mangga seperti sekarang, harga jualnya tetap tinggi.

"Mangga alpukat dari Kabupaten Pasuruan ini cara mengupasnya yang berbeda dan ini yang bisa dijual. Mudah mudahan menjadi bagian dari ikhtiar penguatan kepada petani mangga. Kita akan membangun akses market hingga ekspor, sehingga ketika musim mangga seperti sekarang, harga jualnya tidak jatuh," jelasnya.

(fat/fat)