Mendes Luncurkan 'Simpel Desa' Inovasi Layanan Berbasis Android

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 18:26 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar
Mendes di Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meluncurkan inovasi layanan desa. Inovasinya melalui aplikasi berbasis android di Tulungagung.

Layanan digital "Simpel Desa" yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat desa yang membutuhkan berbagai layanan surat menyurat, hingga layanan panic button untuk kondisi darurat.

Halim Iskandar mengaku digitalisasi layanan di tingkat desa menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari di era modern saat sekarang ini. Layanan digital menjadi salah satu terobosan untuk mempermudah masyarakat setempat, sekaligus menjadi bentuk kehadiran negara di masyarakat.

"Dengan digitalisasi desa itu akan menunjukkan kehadiran pemerintah desa di hadapan warganya," kata Halim, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya dengan layanan tersebut maka warga tidak perlu mengantre langsung di kantor desa, hanya sekedar untuk mengurus surat-surat administrasi. Dengan Simpel Desa, warga cukup mengisi berbagai dokumen yang disyaratkan, maka surat bisa langsung dicetak pihak desa dan ditandatangani oleh kepala desa.

Selanjutnya
Halaman
1 2