Peziarah Makam Bung Karno Dibatasi Saat Long Weekend

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 08:23 WIB
Libur Panjang,  Peziarah di Makam Bung Karno Dibatasi 50 Orang Didalam Cungkup
Ziarah di Makam Bung Karno dibatasi (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Libur panjang cuti bersama dimanfaatkan warga untuk berziarah ke makam. Di Blitar, pengunjung dari berbagai daerah mulai berdatangan ke Makam Bung Karno (MBK). Pengelola membatasi jumlah pengunjung di dalam cungkup hanya 50 orang.

Keramaian mulai terasa sejak pagi. Beberapa bus rombongan dari luar kota. Mulai memasuki pelataran parkir Pusat Informasi dan Pariwisata (PIPP) berjarak 200 meter dari areal MBK, pengunjung bisa berjalan kaki atau naik becak menuju lokasi.

Kabid Pengelola Kawasan Wisata Disparbud Pemkot Blitar, Heru Santoso mengatakan, jumlah pengunjung telah naik signifikan sejak sepekan. Dan diperkirakan akan melonjak tajam pada akhir pekan masa libur panjang.

"Ini mulai naik pengunjungnya. Kalau awal pandemi itu tidak sampai 100 per hari. Tapi sejak sepekan ini mulai naik, rata-rata 300 sampai 500," kata Heru kepada detikcom, Kamis (29/10/2020).

Menurut Heru, pengunjung MBK sepi karena penerapan PSBB di berbagai daerah. Selain itu, syarat perjalanan jauh harus menunjukkan surat keterangan sehat juga membuat orang enggan melakukan perjalanan jauh.

Selanjutnya
Halaman
1 2