Tak Ada Lonjakan Jumlah Penumpang di Terminal Bungurasih Meski Libur Panjang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 20:38 WIB
Belum tampak lonjakan jumlah penumpang di Terminal Purabaya Bungurasih, terkait libur panjang saat ini. Sehingga tak ada penambahan armada.
Belum tampak lonjakan jumlah penumpang di Terminal Purabaya Bungurasih/Foto: Deny Prastyo Utomo
Sidoarjo -

Belum tampak lonjakan jumlah penumpang di Terminal Purabaya Bungurasih, terkait libur panjang saat ini. Sehingga tak ada penambahan armada.

Kondisi tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Terminal Purabaya Bungurasih, Imam Hidayat. Menurutnya, jumlah penumpang masih seperti biasa.

"Kalau penambahan armada tidak ada. Keadaannya seperti biasa. Sepi tidak ada peningkatan (penumpang)," kata Imam saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (28/10/2020).

Imam menambahkan, pasca-PSBB, bus yang beroperasi di Terminal Purabaya Bungurasih hanya ratusan saja. Itu terdiri dari bus antarkota dalam provinsi dan antarprovinsi.

"Yang beroperasi hanya sekitar 400 armada bus dari 10 ribu bus," ungkap Imam.

Ia juga menjelaskan soal penurunan rata-rata jumlah penumpang per hari, selama beroperasi saat pandemi COVID-19. Jumlahnya hanya sekitar 27 persen dari sebelum pandemi.

"Jumlah penumpang harian masih sekitar 27 persen. Sekitar 7 ribu. Biasanya sekitar 9 ribu penumpang, kalau weekend sekitar 35 ribu atau 40 ribu penumpang," imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya juga selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di pintu kedatangan mau pun keberangkatan penumpang.

"Iya wajib pakai masker, cuci tangan. Kita juga thermo gun, scanner suhu," pungkas Imam.

(sun/bdh)