Ratusan Sex Toys Dimusnahkan Bea Cukai Juanda

Suparno - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:17 WIB
543 Sex Toys dan Ribuan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Juanda
Bea cukai musnahkan sex toys (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jatim I KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda memusnahkan ratusan sex toys ilegal. Sex toys tersebut merupakan barang seludupan yang masuk ke Indonesia.

Selain sex toys, Bea Cukai juga memusnahkan ribuan rokok ilegal, tembakau, puluhan handphone, air softgun Crossslow dan ratusan proyektil. Selain itu, ada juga bahan kimia, kosmetik, empedu ular dan part kendaraan. Barang itu merupakan milik negara, barang yang dikuasai negara dan barang yang dinyatakan tidak dikuasai.

"Selain ada 543 sex toys ada pula ribuan rokok ilegal dan barang-barang lainnya yang dimusnahkan. Pemusnahan dengan cara dibakar, dipecah, dilebur dan dipotong-potong," kata Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda Budi Harjanto, kepada wartawan usai pemusnahan, Selasa (27/10/2020).

Pemusnahan ini, kata Budi, sudah sesuai pasal 66 ayat (1) UU No 11 Tahun 1995 jo UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai, rokok ilegal yang berasal dari pelanggar yang tidak dikenal dinyatakan sebagai Barang yang Dikuasai Negara untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Barang Milik Negara. Barang impor atau ekspor yang tidak diselesaikan dan yang tidak memenuhi ketentuan kepabeanan cukai tersebut diadministrasikan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 178/PMK.04/2019 tentang Penyelesaian Terhadap Barang Yang Dinyatakan Tidak Dikuasai, Barang Yang Dikuasai Negara, dan Barang Yang Menjadi Milik Negara.

Budi menambahkan, Bea Cukai Juanda memiliki tugas dan fungsi pengawasan terhadap barang yang diimpor maupun diekspor melalui Bandara Internasional Juanda. Barang tersebut biasanya melalui kargo, penyelenggara pos, maupun barang penumpang.

Selanjutnya
Halaman
1 2