Banjir Terjang Desa-desa di Kecamatan Munjungan Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 08:17 WIB
banjir di trenggalek
Banjir di Trenggalek (Foto: Istimewa)
Trenggalek -

Bencana banjir menerjang sejumlah desa di Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Bahkan sejumlah fasilitas pemerintahan seperti kantor kecamatan ikut terendam banjir.

Camat Munjungan Rudianto, mengatakan banjir mulai meluap sekitar pukul 21.00 WIB di beberapa desa yang ada di wilayah kota Kecamatan Munjungan. Luapan banjir tersebut hingga masuk ke permukiman warga maupun kantor pemerintahan, dengan ketinggian air di dalam rumah hingga mencapai 50 sentimeter.

"Banjirnya di seputaran Desa Mujungan, Masaran sini. Ini baru pertama, banjir sampai masuk kantor kecamatan, kemudian ada beberapa rumah yang ikut terendam," kata Rudianto, Selasa (27/10/2020).

Namun pihaknya mengaku, pagi ini banjir yang menerjang wilayah Munjungan tersebut telah surut, warga mulai membersihkan sisa material lumpur dan sampah yang terbawa arus banjir. "Di wilayah Munjungan itu kalau banjir memang cepat surut," ujarnya.

Menurutnya banjir tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama lebih dari dua jam. Sementara itu kondisi saluran air di wilayah kota kecamatan relatif sempit dan dangkal, sehingga tidak mampu menampung volume air yang membeludak.

"Intensitas hujan memang cukup tinggi sekali, kemudian saluran-saluran di sini dangkal, sehingga air mudah meluap," jelasnya.

Saat ini pemerintah kecamatan masih melakukan pendataan wilayah yang terdampak banjir, maupun kemungkinan potensi bencana lain dari berbagai desa di Munjungan. "Ini masih keliling dan menunggu laporan dari pemerintah desa, termasuk ada atau tidak yang longsor," jelasnya.

(fat/fat)