Kepala BNPT Kunjungi UKM Milik Eks Napiter di Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 22:45 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki beberapa program penanggulangan. Salah satunya program deradikalisasi.
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengunjungi UKM milik eks napiter/Foto: Istimewa
Malang -

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki beberapa program penanggulangan. Salah satunya program deradikalisasi.

Sasarannya yakni para narapidana teroris (napiter) yang berada dalam lapas maupun mantan napiter di luar lapas. Program itu bertujuan untuk menetralkan dan membersihkan pemikiran-pemikiran radikalisme. Sehingga mereka bisa kembali menjadi masyarkat yang memiliki rasa cinta kepada tanah air.

Salah satu program deradikalisasi BNPT berhasil diterapkan oleh Syahrul Munif, eks napiter kelompok ISIS yang pada 2014 silam berangkat ke Suriah.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengapresiasi kemampuan para eks napiter yang kini menjadi wirausaha di berbagai bidang. Mulai dari kuliner, peternakan, perkebunan dan lain-lain.

Mereka telah berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang bermanfaat, dan bisa membantu masyarakat sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Serta kembali berinteraksi di lingkungan masyarakat.

Menurut Boy Rafli, program deradikalisasi merupakan program yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018. Di mana sudah menjadi perintah negara untuk melakukan program pembinaan bagi mantan napiter dan para penyintas.

Untuk itu Kepala BNPT berharap agar para ikhwan lainnya dapat mengembangkan kreativitas dalam mengembangkan usaha, guna membangun kesejahteraan sosial. "Ke depan kita akan memberikan semangat lagi agar program ini menjadi lebih bagus produksinya, distribusinya, juga bisa menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia. Sehingga bisa memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi," kata Boy Rafli saat meninjau program deradikalisasi BNPT milik eks napiter, yang juga dikelola oleh Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP), Senin (26/10/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2