Mbah Sumirah di Kota Kediri yang Viral Dapat Bantuan Presiden Jokowi

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 21:37 WIB
polres kediri kota
Staf kepresidenan memberi bantuan kepada Mbah Sumirah (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Kabar viral rumah tak layak huni milik Mbah Sumirah di Kediri sampai ke telinga Presiden Jokowi. Melalui staf kepresidenan, Jokowi memberikan bantuan ke Mbah Sumirah.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh staf kepresidenan. Turut mendampingi adalah Kasat Bimas Polresta Kediri AKP Kristin.

Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana mengatakan ada beberapa orang tamu dari Staf Kepresidenan datang ke Kediri dan ingin memberikan bantuan kepada Mbah Sumirah.

polres kediri kotaFoto: Andhika Dwi Saputra

"Ini tadi ada tamu dari staf kepresidenan berkunjung ke Kota Kediri ingin memberikan bantuan kepada Mbah Sumirah, dan melihat kondisinya secara langsung," ujar Miko kepada detikcom, Senin (26/10/2020).

Bantuan tersebut berupa sembako, uang, dan alat ibadah. Selain memberikan bantuan, kedatangan staf kepresidenan tersebut untuk memastikan kondisi Mbah Sumirah apakah seperti yang diberitakan di media sosial.

"Tadi ada dua orang staf presiden, mereka mengaku mengetahui perihal mbah Sumirah lewat sosial media, apakah benar seperti itu," ujar Kristin.

Sementara itu, Subhan Ketua RT setempat mengungkapkan jika kabar yang viral di media sosial tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya selama ini warga sekitar memberikan bantuan kepada Mbah Sumirah. Selain itu pihak Dinas Sosial juga memberikan perawatan kepada Mbah Sumirah.

"Yang memberitakan di media sosial itu kan bukan warga sini. Mereka tidak mengetahui kehidupan yang sebenarnya, karena sebenarnya Mbah Sumirah sudah sering mendapat bantuan dan perhatian warga maupun pemerintah, cuman sering lupa Mbah Sumirah ini, di mana bantuan uang yang dikasih. Padahal baru saja diberi, entah uang itu diberikan atau diambil anaknya yang laki laki atau bagaimana, yang jelas Mbah Sumirah ini sudah sering mendapat bantuan," pungkas Subhan.

(iwd/iwd)