Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 17:29 WIB
Hujan disertai angin kencang menerjang Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Ada 15 rumah warga rusak berat, 25 rusak ringan serta sejumlah fasilitas umum.
Rumah warga yang rusak diterjang angin kencang/Foto: Enggran Eko Budianto

Beruntung tidak ada anggota keluarganya yang terluka dalam insiden ini. Hanya saja sebagian besar perabotan rumah Ninik rusak terguyur hujan dan tertimpa material genting. Seperti sofa, dua kasur, televisi dan kompor gas. Genting di atas kamar tidur dan kamar mandi rumah Ninik juga rontok sebagian.

"Kami belum punya uang untuk perbaikan, semoga segera dapat bantuan," cetusnya.

Kepala Desa Sampangagung Ikhwan Arofidana menjelaskan, hasil pendataan sementara, 40 rumah warganya rusak diterjang angin kencang. Terdiri dari 15 rumah rusak berat dan 25 rusak ringan.

"Alhamdulillah tidak ada korban. Kerugian material kami perkirakan Rp 150 juta," jelasnya.

Ikhwan menambahkan, angin kencang juga merusak sejumlah fasilitas umum di Desa Sampangagung. Meliputi kantor desa, teras klinik BPJS yang ambruk, pos kamling, serta jaringan listrik yang putus karena tertimpa pohon tumbang.

"Saya berharap pemda membantu. Kami dari desa berperan membantu tenaga dan sedikit biaya untuk membersihkan pohon," lanjutnya.

Pantauan detikcom di lokasi, warga membersihkan puing-puing genting yang rontok di rumah masing-masing. Petugas PLN menebang pohon yang tumbang dan memperbaiki jaringan listrik yang rusak. Sampai saat ini listrik di desa ini masih dipadamkan.

Halaman

(sun/bdh)