Saat Barista Lamongan Unjuk Gigi Sajikan Kopi Lebih Menggugah

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 17:09 WIB
Barista Competition yang digelar di Plaza Lamongan
Barista Competition di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

Tujuan kompetisi barista ini, menurut Sony, untuk melihat bagaimana barista mempunyai kemampuan meracik rasa, ketika menyeduh dan bisa memainkan rasa dari kopi. Warga Lamongan, jelas Sony, identik sebagai pecinta kopi yang dibuktikan dengan banyaknya warung kopi di berbagai titik di Lamongan.

"Dengan adanya Barista maka mereka akan selalu bisa menciptakan kopi berbagai cita rasa. Khususnya sesuai tema saat ini adalah es kopi susu. Bagaimana seorang barista mampu mengkombinasikan kreativitas dalam menciptakan kopi dengan rasa yang berbeda-beda," terang Sony yang juga pemilik Rumah Kopi Indonesia.

Meski molor, Barista Competition ini tetap diminati banyak peserta. Setidaknya tercatat 50 barista yang menjadi peserta. Puluhan barista ini tidak hanya dari Lamongan, tapi juga berasal dari Surabaya, Mojokerto, Gresik, Malang dan Tuban.

"Untuk juri kami melibatkan barista nasional dari Surabaya, yang expert dalam bidang barista dan perkopian nasional dan internasional," ungkap Sony.

Sekretaris Disnakertrans Lamongan Adang Mulya menambahkan, dengan Barista Competition ini pihaknya berharap semakin bisa menghidupkan sektor informal, terutama kopi. Lamongan, dikenal dengan bertebarannya warung kopi di hampir tiap sudut. Sehingga kehadiran Barista akan semakin menambah daya tarik orang untuk menikmati kopi.

"Dengan kompetisi ini kita bisa lihat bagaimana performance, ketepatan waktu menyeduh, skill dan rasa," kata Adang.


(sun/bdh)