Aksi Bongkar Makam di Jember Berdasarkan Mimpi, Bukan Karena Masalah Pribadi

Yakub Mulyono - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 18:59 WIB
Aksi warga Jember membongkar makam almarhum Pak Khotija yang videonya beredar di medsos, dibenarkan pihak keluarga. Namun ceritanya tidak seperti yang beredar.
Keponakan almarhum Pak Khotija, Usman (kanan) saat ditemui di rumah Sekdes Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru/Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Aksi warga Jember membongkar makam almarhum Pak Khotija yang videonya beredar di medsos, dibenarkan pihak keluarga. Namun ceritanya tidak seperti yang beredar.

Saat wartawan meminta klarifikasi langsung kepada pihak keluarga, keponakan almarhum Pak Khotija mengatakan, pembongkaran makam itu dilakukan karena adanya firasat melalui mimpi, yang dirasakan hingga berulang kali.

Sementara Pak Seman yang sempat diberitakan sebagai pihak yang menyuruh melakukan pembongkaran makam karena ada persoalan, merupakan sepupu almarhum Pak Khotija.

"Tidak benar itu informasi di IWJ (grup Facebook Info Warga Jember New). Yang sebenarnya pembongkaran itu berawal dari mimpi adik ipar jenazah (Pak Khotija) yakni Khotimah," kata keponakan almarhum Pak Khotija, Usman saat ditemui di rumah Sekdes Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jumat (23/10/2020).

Usman menceritakan, adanya pembongkaran itu berawal dari peringatan 100 hari meninggalnya Pak Khotija. Pada malam hari setelah tahlilan, Khotimah yang juga seorang Guru Ngaji di desa setempat, bermimpi didatangi almarhum dan meminta agar jenazahnya diperbaharui.

"Mimpi itu pun berulang kali, bahkan selama seminggu hampir setiap hari mimpi yang sama. Kemudian hal itu disampaikan kepada keluarga. Disepakati kemudian makam almarhum di kijing (dibangun dengan rapi menggunakan marmer bagian atas makam)," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3