Utang Rp 200 Ribu Jadi Pemicu Remaja Bunuh Bocah SD di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 16:48 WIB
Alfian Rizky Pratama (12) tewas ditenggelamkan teman sendiri di sungai wisata Kedung Cinet, Kabupaten Jombang. Pembunuhan ini dipicu utang Rp 200 ribu.
Evakuasi Alfian Rizky Pratama (12) yang tewas ditenggelamkan teman sendiri/Foto: Istimewa
Jombang -

Alfian Rizky Pratama (12) tewas ditenggelamkan teman sendiri di sungai wisata Kedung Cinet, Kabupaten Jombang. Pembunuhan ini dipicu uang Rp 200 ribu.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Christian Kosasih mengatakan, pembunuhan Alfian dipicu persoalan utang. Menurut dia, korban pernah meminjam uang Rp 200 ribu dari tersangka berinisial AHR (16).

"Korban pernah pinjam uang ke tersangka Rp 200 ribu untuk game online. Kemudian dia tak bayar. Terus dia (tersangka) dendam," kata Kosasih saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (23/10/2020).

Korban dengan AHR merupakan teman sekaligus tetangga dekat di Desa Sambong Dukuh, Kecamatan Jombang. Tempat tinggal mereka hanya berjarak sekitar 5 rumah saja. AHR berstatus pelajar kelas XI Madrasah Aliyah.

AHR mengajak Alfian bermain ke sungai wisata Kedung Cinet di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang pada Rabu (21/10) sekitar pukul 11.30 WIB. Teman mereka, M Addin (17), warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang juga berada di lokasi.

Penyelidikan yang dilakukan polisi akhirnya menguak penyebab Alfian tenggelam di sungai wisata Kedung Cinet. Selain keterangan saksi mata, pembunuhan yang dilakukan AHR ini juga ditunjang dengan hasil visum luar terhadap jenazah korban.

"Hasil visum sementara memang ada luka memar di kepala korban," ungkap Kosasih.

Polisi memperkuat bukti pembunuhan ini dengan membongkar makam Alfian pagi tadi. Jenazah bocah kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) itu diautopsi tim dokter forensik RS Bhayangkara Kediri di area makam. Sedangkan AHR ditahan di Rutan Polres Jombang.

"Tersangka dijerat dengan pasal pembunuhan berencana karena itu sudah dia rencanakan," pungkas Kosasih.

(sun/bdh)