Round-Up

Tukang Becak Patriot, Patungan Ganti Merah Putih Lusuh-Koyak dengan yang Baru

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 09:11 WIB
viral tukang becak pasang bendera
Para tukang becak memasang bendera baru gantikan bendera lusuh (Foto: Tangkapan layar)
Pasuruan -

Jiwa patriot ditunjukkan empat tukang becak di Pasuruan. Mereka patungan membeli bendera merah putih. Bendera itu untuk mengganti bendera lusuh dan koyak yang tetap terpasang di tiang di ujung jalan depan Kantor Pegadaian Bangil.

Apa yang dilakukan para abang becak ini viral di medsos. Video itu diunggah akun facebook Henry Sulfianto, Senin (19/10/2020) pukul 22.00 WIB. "Simbol Negara NKRI....Terkoyak, abang becak urunan ganti bendera terkoyak... Ironis," demikian Caption video, seperti disimak detikcom, Selasa (20/10/2020).

Terdapat tiga video yang diunggah yang merupakan rangkaian peristiwa. Satu berdurasi 32 detik menampilkan empat pria tengah menurunkan bendera dari tiang. Bendera itu sudah lusuh dan koyak. Warna merah sudah berubah coklat dan warna putih sangat kusam.

Sementara video kedua berdurasi 6 detik memperlihatkan seorang di antara mereka melihat bendera yang sudah tak layak disebut bendera itu. Video ketiga berdurasi 7 detik, empat pria tersebut memasang dan mengibarkan bendera yang baru.

viral tukang becak pasang benderaFoto: Tangkapan layar

Pengunggah video, Henry, mengatakan peristiwa itu terjadi di Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil. Tiang dengan bendera terkoyak itu berdiri di ujung jalan depan Kantor Pegadaian Bangil.

"Nggak tahu saya, itu tiang tanggung jawab siapa. Yang jelas di jalan menuju Kelurahan Kauman," kata Henry.

Henry mengatakan empat pria yang yang ada dalam video itu merupakan tukang becak yang biasa mangkal di Stasiun Bangil. " Mereka bilang patungan beli bendera baru," pungkas Henry.

Selanjutnya
Halaman
1 2