Camat se-Surabaya Diimbau Siaga Aliran Sungai Saat Pancaroba

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 09:45 WIB
Kepala BPB Linmas Surabaya Irvan Widyanto
Kepala BPB Linmas Surabaya Irvan Widyanto (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Musim pancaroba atau masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan terjadi di Kota Surabaya. Pemkot Surabaya pun mengantisipasi setiap wilayah agar tidak terjadi genangan saat hujan deras.

Kepala BPB Linmas Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan semua camat. Mereka akan menyampaikan ke warga agar di wilayahnya dilakukan kerja bakti sebagai antisipasi genangan.

"Menyampikan peta genangan dan kita minta ke semua camat untuk menginstruksikan ke lurah agar menginfokan ke warga untuk kerja bakti," kata Irvan kepada detikcom, Selasa (20/10/2020).

Nantinya kerja bakti tidak hanya membersihkan rumput-rumput yang mulai menjalar dan sampah. Melainkan saluran, agar tidak ada sumbatan dan terjadi banjir saat hujan berdurasi lama.

"Khususnya saluran dan perantingan, yang kita fokus saluran," ujarnya.

Selain itu, Irvan meminta kesigapan dari masing-masing kecamatan. Hal tersebut juga sebagai antisipasi evakuasi warga saat genangan kondisi mulai darurat.

"Daerah aliran sungai, pesisir, camat-camat juga diminta kesiap-siagaan kalau seandainya dievakuasi dan sebagainya," jelasnya.

Irvan berharap, tidak menunggu RT/RW mengedarkan surat kepada masyarakat untuk kerja bakti. Tetapi atas kesadaran masing-masing demi keselamatan diri sendiri, keluarga dan semua warga.

"Kalau bisa tidak nunggu Sabtu, Minggu tapi hari ini. Kita sosialisasi pula ke sosmed dan kita koordinasi terus sama BMKG," pungkasnya.

(fat/fat)