Rasa Takut Kehilangan di Balik Kisah Trena Treni yang 20 Tahun Terpisah

Erliana Riady - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 14:37 WIB
Aplikasi TikTok mempertemukan si kembar Trena Treni yang 20 tahun terpisah. Mereka terpisah akibat adanya konflik Ambon pada 1999.
Si kembar Trena Treni/Foto: Tangkapan Layar

"Keluarga saya di Tasikmalaya yang meyakinkan, mereka hanya ingin mempertemukan saya dengan keluarga aslinya. Bukan untuk mengambil saya dari keluarga yang mengasuh saya di Blitar," ujar ibu dua anak ini.

Rabu (21/10), Treni berencana menemui keluarga aslinya dan saudara kembarnya di Tasikmalaya. Mereka yang terpisah sejak usia sekitar 2 tahun itu, akan kembali bertemu berkat aplikasi TikTok.

Dari ayahnya di Tasikmalaya, Treni mendapat cerita jika dia terpisah dengan saudara kembarnya akibat konflik Ambon pada 1999. Ayahnya yang sibuk mengurusi ibu mereka di rumah sakit, terpaksa menitipkan Trena dan Treni ke tetangga yang sesama transmigran dari Jawa.

Ketika Ambon berkecamuk, ayah mereka hanya menemukan Trena. Sementara Treni kabarnya sudah dibawa tetangga pulang ke Jawa. Namun posisi Jawa bagian mana, keluarga ini kehilangan jejak. Treni pun bak hilang ditelan bumi.

Halaman

(sun/bdh)