Bawaslu Temukan 13 Pelanggaran Prokes di Kampanye Pilbup Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 17:30 WIB
Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fahrudin Asyat
Ketua Bawaslu Aris Fahrudin (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

Namun pada praktiknya, paslon maupun tim kampanye kerap mengabaikan ketentuan tersebut. Aris merilis, terjadi 13 kali pelanggaran protokol kesehatan dalam kampanye Pilbup Mojokerto selama 9-14 Oktober 2020.

Pelanggaran kampanye tersebut didominasi paslon Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa (Ikbar). Pasangan bupati-wabup nomor urut 1 ini tercatat melakukan 8 kali pelanggaran protokol kesehatan saat berkampanye. Sebanyak 6 pelanggaran terjadi di Kecamatan Jetis pada 14 Oktober 2020. Sedangkan 2 pelanggaran terjadi di Kecamatan Mojoanyar pada 9 Oktober lalu.

"Panwascam Jetis maupun Mojoanyar sudah memberi peringatan tertulis terhadap tim kampanye maupun penanggungjawab kampanye paslon nomor 1 terkait pelanggaran kampanye tersebut," kata Aris saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (16/10/2020).

Sementara pasangan Pungkasiadi-Titik Masudah (Putih), lanjut Aris, tercatat melakukan 5 kali pelanggaran protokol kesehatan saat berkampanye di tengah pandemi COVID-19. Yakni satu kali di Kecamatan Mojoanyar pada 11 Oktober 2020 dan 4 kali di Kecamatan Jetis pada 9 dan 10 Oktober lalu.

Bentuk pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan pasangan Putih berbeda-beda di setiap lokasi kampanye. Mulai dari pelanggaran kampanye tatap muka dengan peserta melebihi 50 orang, tidak mematuhi protokol kesehatan berupa memakai masker menutupi hidung dan mulut sampai dagu, hingga mengikutsertakan balita, anak-anak, ibu hamil atau menyusui dan lansia dalam kegiatan kampanye.

Sama dengan Ikbar, paslon bupati-wabup nomor urut 3 ini juga hanya diberi peringatan tertulis oleh Panwascam Jetis dan Mojoanyar. "Karena belum ada yang kami tarik ke temuan. Ketika peringatan tertulis itu diindahkan, maka selesai perkara. Kalau tidak diindahkan, maka akan kami tindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tandas Aris.

Halaman

(fat/fat)