Tersangka Kasus Pelumuran Kotoran ke Satgas COVID-19 Akan Diperiksa Lagi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 23:07 WIB
Istri pasien yang melumurkan kotoran ke tiga petugas Satgas COVID-19 Puskesmas Sememi, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ia akan diperiksa kembali.
Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran/Foto: Deny Prastyo Utomo

"Ya motifnya untuk sementara hanya emosi, karena suaminya sakit struk ditambah hasil swab-nya positif (COVID-19). Akhirnya ketika ada petugas yang melaksanakan treatment terhadap penderita COVID-19 telah dilakukan pencegahan atau perlawanan," lanjut Sudamiran.

Menurutnya berdasarkan hasil pemeriksaan, aksi melumurkan kotoran ke tiga petugas Satgas COVID-19 itu dilakukan secara spontanitas oleh tersangka. "Ndak, kebetulan spontan saja, kotoran di sekitar penderita itu. Kepada tiga petugas itu spontan mencegah dengan cara memoleskan kotoran kepada petugas itu," ungkap Sudamiran.

Atas perbuatannya, tersangka terancam dijerat Pasal berlapis. "Pasal yang disangkakan yang pertama Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular. Yaitu barang siapa yang menghalangi dalam penanggulangan pencegahan penyakit menular. Kemudian Pasal 212 KUHP yaitu tentang perlawanan kepada petugas yang sah," lanjut Sudamiran.

Tiga petugas Satgas COVID-19 Puskesmas Sememi dilumuri kotoran oleh istri pasien positif COVID-19 pada Selasa (29/9) sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu petugas hendak melakukan evakuasi pasien positif COVID-19 di Rusun Bandarejo ke Rumah Sakit BDH.

Halaman

(sun/bdh)