Melihat Simulasi Antisipasi Kebakaran Hutan di Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 21:16 WIB
Ada simulasi antisipasi kebakaran hutan Gunung Klotok di Desa Manyaran, Kabupaten Kediri. Simulasi digelar Polresta Kediri bersama BPBD Kabupaten Kediri dan TNI.
Simulasi antisipasi kebakaran hutan Gunung Klotok di Desa Manyaran, Kabupaten Kediri/Foto: Andhika Dwi

Simulasi dilakukan oleh petugas dengan memberikan sosialisasi serta pemahaman mengenai penyebab kebakaran hutan lahan, sekaligus praktik pemadaman api dengan menggunakan ilaran (dahan ranting pohon) oleh warga dan petugas.

Wakil Administratur Perhutani Kediri Beni Mukti menjelaskan terkait potensi dan bahaya kebakaran hutan. Secara administrasi wilayah hutan yang masuk Polresta Kediri sekitar 12.500 hektare, dan 100 hektare memiliki kerawanan cukup tinggi.

"Oleh pihak Perhutani telah dilakukan pemetaan, mana saja yang rawan kebakaran. Dari luas 12.500 hektare, setidaknya ada 100 hektare yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi," jelas Beni.

Beni juga menjelaskan soal kendala yang dihadapi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kediri.
Selain wilayah, saat ini yang menjadi kendala untuk pemadaman lahan adalah peralatan.

"Kami tidak mungkin membawa alat untuk memadamkan api jika titik api sulit untuk dijangkau. Akhirnya, kami menggunakan alat bantu, misalnya ranting pohon atau yang biasa disebut ilaran," pungkas Beni.

Halaman

(sun/bdh)