Perburuan Koin Kuno di Sawah Jombang Dihentikan, Ini Alasannya

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 15:51 WIB
Perburuan Koin Kuno di Sawah Jombang Dihentikan, Ini Alasannya
Pencarian koin kuno dihentikan (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Perburuan uang kuno di sawah milik warga Kabupaten Jombang dihentikan. Sebab, pencarian koin kuno di Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, oleh warga dinilai melanggar ketentuan UU Cagar Budaya.

Kasi Sejarah dan Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang Anom Antono mengaku belum mengecek perburuan koin kuno di sawah milik Samari (50) di Dusun Mojounggul. Namun hari ini, pihaknya telah mengirim regulasi terkait larangan bagi masyarakat berburu benda cagar budaya maupun benda yang diduga cagar budaya ke Kades Bareng, Kasianto.

"Pasal 26 UU RI No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, masyarakat dilarang mencari benda cagar budaya dan yang diduga benda cagar budaya. Kami sudah kontak Kades Bareng, ternyata sejak kemarin kades sudah mengimbau masyarakat agar tak meneruskan pencarian," kata Anom saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/10/2020).

Pasal 26 ayat (4) UU Cagar Budaya berbunyi 'Setiap orang dilarang melakukan pencarian cagar budaya atau yang diduga cagar budaya dengan penggalian, penyelaman, dan atau pengangkatan di darat dan atau di air sebagaimana dimaksud pada ayat (2), kecuali dengan izin pemerintah atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya'.

Selain itu, lanjut Anom, pihaknya juga telah melaporkan perburuan koin kuno di Dusun Mojounggul ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Dia berharap arkeolog turun untuk mengidentifikasi uang kuno yang diburu warga tergolong benda cagar budaya atau bukan.

"Untuk melihat benda cagar budaya, kami belum punya tim ahli atau arkeolog, kami belum bisa menjawab itu dibeli untuk apa. BPCB juga belum memberikan statemen itu benda cagar budaya atau bukan," terangnya.

Kades Bareng Kasianto menjelaskan, pihaknya menghentikan perburuan uang kuno di sawah Samari sejak, Selasa (13/10). Tanda larangan mencari koin kuno telah dipasang di sawah tadah hujan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2